ANDI ADRIZAL RM
  • Info
  • Kata
    • Kata Mutiara
    • Kata Ucapan
    • Kata Romantis
    • Kata Bijak
  • Tekno
    • Gadget
    • Internet
  • Musik
  • Lirik Lagu
  • Prediksi Bola
  • Foto
  • Sinopsis
Agen Bola Jayabetting
Home » perkebunan kelapa sawit » PROGRAM PENGELOLAAN TENAGAKERJA

PROGRAM PENGELOLAAN TENAGAKERJA

PROGRAM PENGELOLAAN  TENAGAKERJA

      I. INTRODUCTION
Untuk pelaksanaan operasional kebun di perlukan adanya karyawan atau tenaga kerja. Bilamana di kelola  dan di kembangkan secara efektif  akan memberikan imbalan dalam produktivitas yang lebih besar

Karyawan atauTenaga Kerja merupakan aset perusahaan yang harus di perhatikan karena:
a.manusia adalah elemen yang selalau ada dalam organisasi
b.membuat inovasi
c.mencapai tujuan organisasi .

Sumber Daya mempunyai 4 type :
a.Financial
b.Fisik
c.Manusia
d.Teknologi

Dalam pembangunan dan pengembangan kebun kelapa sawit, Karyawan atau Tenaga Kerja sangat berperan , baik menyangkut kualitas maupun kuantitas pekerjaan.
Yang merencanakan dan mengatur pelaksanaan serta pengawasan yaitu Management Perusahaan dalam hal ini yaitu :
-Top Management      (Direksi)
-Midle management  (Manager)
-Lower Management (Asisten)

Sedangkan dalam pelaksanaan pekerjaan terdiri dari Tenaga Lapangan dan Kerani Administrasi  yang meliputi  :
-Divisi Kebun
-Divisi Pabrik
-Divisi Civil
-Divisi Bengkel dan Transportasi
-Divisi Pelsus 
-Kantor Area

Dalam process kegiatan opersional perkebunan kelapa sawit yang terkait dengan pengelolaan Karyawan atau Tenaga Kerja, maka system kepersonaliaan dan umum serta administrasi sangat berperan. Begitu pula hal-hal umum yang sering terjadi dalam pekerjaan.
  
II. PERSONALIA
Pengelolaan kebun pada dasarnya adalah mengelola karyawan atau tenaga kerja.Baik atau tidaknya kebun tergantung dari pengelolaan manusianya. Betapapun lengkap teknologinya, melimpah dananya tetapi kalau karyawan atau tenaga kerja yang melaksanakan tidak baik, maka hasilnya tidak menggembirakan.
Pengelolaan karyawan atau tenaga kerja berarti memanfaatkan kekuatan dan keterampilan untuk mengerjakan pekerjaan kebun sesuai harapan perusahaan.
Ruang Lingkup Kerja Personalia
1.Disiplin Kerja
            A.Disiplin Waktu Kerja
                  Ketentuan-Ketentuan mengenai Waktu Kerja
                  -Sebelum kerja dimulai harus dilakukan apel pagi di Kantor Sfdeling. Tujuannya untuk absen 
                  kerja, cek peralatan dan pembagian tenaga kerja ke tiap pekerjaan. Pekerja dilarang 
                  langsung menuju ke ancak atau ke blok.
                 -Star kerja tidak boleh terlambat.Pekerjaan harus dimulai tepat waktu sesuai dengan yang 
                 ditetapkan (mis jam 6.30 Wita). Yang dimaksud waktu star kerja adalah waktu saat
                 dimulainya pekerjaan  bukan waktu apel pagi. Bila star kerja terlambat, kekurangan jam 
                 kerja  harus ditambah diakhir pekerjaan
                -Selama jam kerja karyawan tidak diperbolehkan meninggalkanpekerjaan tanpa ijin dan
                 dengan alas an yang diterima. Pekerja yang kedapatan meninggalkan pekerjaan tanpa ijin
                 dan alas an maka jam kerjanya dipotong atau diwajibkan menggantinya diakhir
                 pekerjaan.Jam mulai sampai selesai istirahat dan harus sesuai waktu yang ditetapkan.
                -Selesai kerja adalah saat setelah tiap karyawan telah bekerja selama 7 jam pada hari itu (mis
                 jam 14.00 Wita). Bila karyawan pulang sebelum waktu yang ditetapkan, maka hari kerjanya
                 dipotong secara proporsional mis : karyawan pulang jam 12.00Wita (bekerja 5 jam,
                 absensinya ditulis 5/7.

    B.Disiplin Pelaksanaan dan Hasil Kerja
        Tiap pekerja harus membawa peralatan yang telah ditetapkan untuk tiap pekerjaan
         Tabel kelengkapan kerja
PEKERJA
ALAT-ALAT YANG HARUS DIBAWA
Semprot khemis
Kef, Takaran obat, jeregen
Pupuk
Ember plastic, Takaran Pupuk
Perawatan
Parang babat, Cangkul
Panen
Dodos/Egrek, Kampak,Gancu, batuasah, Goni, kapur tulis

          Pekerja yang tidak melengkapi peralatannya tidak bisa diterima bekerja atau dihitung
          mangkir.

     
        Untuk Mandor kelengkapan kerja yang harus dibawa adalah :
        -Bahan-bahan yang memang harus dibawa Mandor seperti Herbisida, insektisida.
        -Pakaian kerja yang telah ditetapkan yaitu Tas/bag belt, Topi dan jas hujan.
        -Pakaian khusus yang berkaitan dengan pekerjaannya.
          Misalnya :
          -Mandor chemis            : Alat reperasi secukupnya (Obeng, Tang)
           -Mandor Panen             : Kampak dan Gancu untuk memeriksa buah di TPH.

        Setiap pekerja harus menyelesaikan borongan/target kerja yang telah ditetapkan. Bila setelah
        selesainya jam kerja borongan/target hasil tercapai, pekerja tersebut harus meneruskan
        pekerjaannya sampai selesai atau dipotong jam kerjanya secara proporsional.

    C.Hari Kerja Non Efektif
        Hari kerja non efektif adalah hari-hari kerja dalam priode waktu tertentu (1 Bulan) yang hilang
       (tidak efektif) sebagai akibat karyawan tidak masuk kerja. Semakin tinggi hkne berarti
       semakin banyak karyawan tidak masuk kerja dalam priode waktu tertentu.
       HKNE bias berupa :
       -Mangkir beralasan dengan pembayaran terdiri dari
         -Cuti Tahunan
 - Cuti Bersalin
 - Haid
 -Sakit
 -ijin karena hari kelahiran anak, sunatan anak, perkawinan pek/anak dan kematian anggota
   keluarga (suami/isteri, orang tua, anak).

          TOTAL HKNE
NO
URAIAN
KODE
%
KET
1
Sakit
S
2,25

2
Ijin
P
1.50

3
Haid
H1
0.40

4
Hamil
H2
0.20

5
Mangkir
M
0.65

6
Cuti
C
4.00







TOTAL

9.50


     -Mangkir tidak beralasan tanpa pembayaran yakni setiap kemangkiran di luar alasan tersebut
       di atas
     -HKNE tidak bias dibuat nol, normal antara 5 – 9 % kalau lebih relative tinggi.
     -Cara mengurang HKNE akibat sakit adalah :
        -Tidak hadir dengan alas an sakit harus dibuktikan denga Surat Keterangan Dokter/Mantri
        -Karyawan yang berobat dan sakit ringan harus diwajibkan kembali bekerja.
     -Cara mengurangi HKNE akibat mangkir adalah : 
        -Memberi teguran atau surat peringatan secara konsisten.
        -Aktif memberikan penyuluhan tentang kerugian akibat mangkir.
     -Ka Afdeling harus memonitor absensi bulanan sehingga bila diketahui HKNE tinggi segera
       mengambil langkah-langkah penanggulangan.
2.Peraturan Kepersonaliaan
    Semua peraturan kepersonaliaan dan disiplin kerja sudah ada dan dibuat oleh Bagian 
    Kepersonaliaan. Asisten Afdeling tinggal menjaga dan menjamin bahwa peraturan tersebut
    dilaksanakan dengan baik di Afdeling.
  
   A.Penerimaan Karyawan atau Tenaga Kerja
       Pada dasarnya penerimaan merupakan wewenang Pucuk pimpinan
       -Penerimaan Karyawan SKU/PHT harus diputuskan oleh Pimpinan puncak atas rekomendasi  
         Ka Afdeling.     
       -Penerimaan KHL boleh dilakukan langsung oleh Ast Afdeling dengan sepengetahuan Bagian
        Personalia dan Pucuk Pimpinan.

  -Syarat-syarat penerimaan karyawan KHL yang harus dipenuhi :
    -berbadan Sehat              
    -Umur minimal 18 th dan maksimal 35 tahun     
    -Mempunyai keterampilan teknis untuk pekerja yang akan dikerjakan
    -Memiliki peralatan sendiri yang memadai (untuk mengerjakan pekerjaan yang ditetapkan)

   -Syarat-syarat penerimaan karyawan SKU/PHT(local) yang harus dipenuhi :
   -berbadan Sehat (dengan rekomendasi dokter)
   -Laki-laki Umur minimal 18 th dan maksimal 35 tahun atau suami isteri yang terikat  
     perkawinan syah dengan jumlah anak sebanyak-banyaknya 3 orang.    
   -Bisa membaca dan menulis (tamatan SD).
   -Berkelakuan baik (surat keterangan) dan punya KTP.

         -Yang tidak direkomendasikan untuk diterima adalah :
    -Berusia di atas 35 tahun
    -Suami isteri yang isterinya dalam keadaan hamil.-
    -Suami isteri dengan jumlah anak lebih dari 3.

          -Ast Afdeling bias merekrut KHL atau merekomendasikan penerimaan SKU/PHT bila :
      -Sesuai kebutuhan Afdeling (berdasarkan yang telah disetujui Divisi).
      -Karena kebutuhan mendesak akibat suatu pekerjaan, setelah disetujuin Divisi.

    B.Pengupahan
     Pengupahan adalah pemberianimbalan oleh perusahaan kepada pekerja atas jasa atau
     Hasil Pekerjaannya.

     Ada 2 macam bentuk upah
     -upah Uang
     -upah Natura
    
     Jadi upah yang dibayarkan kepada pekerja adalah gabungan keduanya. Nilai upah pokok telah
     ditetapkan oleh pemerintah dalam bentuk UMP sehingga nilai upah tiap Provinsi berbeda.


    

  Berdasarkan satuan pengupahan :
          -Upah Pokok
   -Upah Tambahan

  Upah Pokok adalah upah yang dibayarkan bila pekerja menyelesaikan pekerjaan selama 1 hari
  kerja.

  Upah Tambahan adalah yang dibayarkan bila pekerja bekerja melebihi borongan/waktu/hasil
  yang ditetapkan.

        C.Pengobatan dan Perawatan
            Karyawan yang tidak dapat melakukan kegiatanpekerjaan karena alasan kesehatan, wajib
            melakukan pengobatan.

        D.Cuti
            Cuti adalah hari libur husus yang diberikan Perusahaan kepada pekerja untuk setiap priode  
            waktu tertentu. Jumlah hari cuti pekerjaan adalah 12 hari setahun atau 1 hari sebulan.

             Ketentuan mengenai Hak Cuti Karyawan

       -Hak cuti pekerja timbul bila dalam sebulan pekerja tidak mangkir(tak beralasan) < 4 hr. Bila
         pekerja mangkir > 4 hr dalam sebulan maka hak cutinya pada bulan itu dinyatakan hilang.
       -Cuti dibenarkan b ila karyawan yang bersangkutan memiliki sisa hak cuti. Tidak dibenarkan
         ada hutang cuti oleh karyawan.
       -Pekerja boleh mengajukan Permohonan Cuti, ttp Ka Afdeling berhak menolak permohonan         
         cuti tsb bilamana karena alasan pekerjaan belum dimungkinkan pekerja untuk  cuti.
       -Afdeling harus mempunyai catatan/administrasi cuti pekerja yang baik dan selalu di update.

      Prosedure Cuti Karyawan

       -Karyawan mengajukan permohonan cuti kepada Ast  Afd setelah diketahui atasan langsung.
       -Kerani Afdeling memeriksa permohonan dan mengecek sisa hak cuti karyawan ybs dan
        menuliskannya pada surat permohonan.
       -Ast Afd meneliti dan member keputusan atas permohonan cuti karyawan (untuk SKU/PHT).
        Permohonan disetujui bila ada hak cuti dan tidak mengganggu operasional pekerjaan. 
      -Untuk Karyawan bulanan (Mandor/Ka Kerja) jika Ka Afd menyetujui permohonan diteruskan  
        ke Pimpinan, bila pimpinan setujuy akan dikeluarkan surat persetujuan cuti.

     3.Kesejahteraan Pekerja
 Disamping pekerja diberikan upah yang layak serta tunjangan dan fasilitas social lainnya
 (perumahan). Perusahaan berupaya  mensejahterakan karyawannya melalui Program
 Jamsostek.

Pada hakekatnya merupakan Program Publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja dalam menghadapi resiko-resiko social ekonomi tertentu, misalnya kecelakaan, sakit, bersalin, cacat, hari tua dan meninggal dunia yang mengakibatkan berkurangnya atau terputusnya penghasilan tenaga kerja atau membutuhkan perawatan medis.

  Bentuk penerapan Jamsostek yaitu :

   -Jaminan Kecelakaan Kerja
    JKK pada dasarnya memberikan kompensasi yang terjadi pada :
        -Penggantian biaya yang dikeluarkan pengusaha yaitu transport, upah sementara tidak masuk
          bekerja dan perawatan.
        -Ganti rugi atas turunnya / hilangnya kemampuan bekerja dan berpenghasilan yaitu santunan
         cacat dan santunan kematian.          

  -Jaminan Hari Tua
    JHT berupa pembayaran saldo tahunan (iuran dari Pengusaha dan pekerja yang dipotong tiap
      bulan) pada saat timbulnya hak pekerja yaitu :
     -Mencapai umur 55 tahun.
     -Mengalami cacat total dan tetap sehingga tidak bias bekerja lagi.            
     -Meninggal dunia
     -Berhenti bekerja sekurang-kurangnya telah bekerja 5 tahun.

  -Jaminan Kematian
    JK berupa pembayaran yang diberikan kepada ahli waris, terdiri dari :
    -Santunan Kematian.
    -Biaya Pemakaman.

                   
4.Kesehatan dan Keselamatan Kerja
    Semua kegiatan untuk mengelola perilaku individu dalam pekerjaan dan factor-faktor yang  
    berhubungan dengan lingkungan kerja yang dapat menyebabkan penyakit, kecelakaan atau
    gangguan kesehatan.

    Faktor yang mempengaruhi K3 yaitu :
    -Faktor Teknis
      Menyangkut Mesin dan Bahan dan cara menggunakannya yang dapat menyebabkan terjadinya
      kecelakaan atau gangguan kesehatan
    -Faktor Lingkungan
      Menyangkut  Tempat Kerja dan Tempat Tinggal yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan
      kesehatan
    -Faktor Pekerja (SDM)
      Menyangkut semua Perilaku dan Kebiasaan Hidup pekerja, baik makanan, pakaian dsb.

   Untuk Menjaga K3 yaitu :
   -Semua pekerja harus menggunakan peralatan yang benar dalam melaksanakan pekerjaan.
   -Memastikan bahwa pekerja atau karyawan telah melengkapi diri dengan alat pelindung dan
    pengaman.
  -Melengkapi pekerja atau karyawan alat pelindung sesuai dengan ketentuan.
  -Mendorong karyawan untuk memelihara kebersihan rumah dan lingkungannya.
  -Memberikan penyuluhan agar karyawan atau pekerja mengkonsumsi makanan sehat dan
    bergizi.
  -Agar karyawan menanami halaman rumahnya dengan tanaman yang bermanfaat bagi
    kesehatan.
Pekerjaan Yang Harus menggunakan Alat Pelindung Atau Alat Pengaman :
-Pada semua pekerjaan, Karyawan harus menggunakan Sepatu sewaktu di lapangan.
-Pada pekerjaan penyemprotan dengan herbisida atau insektisida, Karywan harus menggunakan
  Masker dan Sarungtangan.


   5.Kepemimpinan
    Manager berarti memeneg (mengelola) semua sumber daya yang ada untuk mencapai Tujuan
    Perusahaan. Orientasinya lebih kepada mengerjakan sesuatu secara benar (doing things right)  
    Dan harus fanatic  dengan standar (SOP) yang ada.
    Pemimpin tidak sekedar mengelola sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan sesuai aturan  
    atau standar yang berlakutetapi juga mengembangkan kemampuan karyawan, kerjasama,
    kepercayaan dan memikirkan kebahagian hidup karyawan.  

    Asisten Afdeling Memimpin Dan Memeneg

    Asisten sehari-harinya mengatur dan mengkordinasi semua pekerjaan di Afdeling mulai dari  
    tenaga kerja, material dan peralatannya  untuk mencapai target pekerjaan. Disamping itu  
    Asisten juga harus bertanggung jawab bahwa karyawannya mampu bekerja dengan benar,
    bersemangat dan senang termasuk hidup tenteram, aman dan bahagia bersama keluarganya.
    Asisten punya tanggung jawab tidak hanya pekerjaan rutinnya di lapangan tapi juga  
    bertanggung jawab menciptakan suasana kerja dan hidup yang menyenangkan bagi karyawan
    dan keluarganya. Olehnya itu Asisten Afdeling seharusnya lebih berperan sebagai Pemimpin di  
    Afdelingnya.

    Prinsip-Prinsip Kepemimpinan

        -Selalu memperbaiki diri artinya harus selalu mempertajam dan meningkatkan apa yang         
          menjadi atribut yaitu penampilan, pengetahuan, keterampilan dan tindakan.
        -Mengutamakan Tanggung Jawab dan bertanggung jawab atas tindakannya. Oleh karena itu
          perlu secara tepat menetapkan apa yang harus dikerjakan dan apa yang perlu dilakukan.
        -Membuat keputusan yang bermakna dan tepat pada waktunya.
        -Buat dan berikan contoh yang baik.
        -Ketahuilah anak buah dan waspadailah terhadap tindakan baiknya.                                                           
        -Kembangkan Komunikasi dua arah
     -Ajari bawahan agar pintar bekerja. Jangan sampai terjadi pekerjaan salah atau target tidak  
       tercapai karena alasan karyawan tidak mengerti pekerjaannya. 
   
  III. UMUM

         Bidang umum adalah bidang kegiatan yang tidak langsung berhubungan denga pekerjaan
         tanaman, tetapi merupakan bagian kegiatan yang mendukung kelancaran pekerjaan tanaman.      
         Ruang lingkup Bidang Umum meliputi :
         1.Bangunan Perusahaan (Kantor, Perumahan, Gudang, Jembata, Poliklinik, Gedung)
             -Pencatatan yang lengkap seluruh bangunan perusahaan termasuk jumlah dan kondisinya.
             -Menjaga dan Merawat
             -Bila terjadi kerusakan cepat diperbaiki.
             -Penghun Perumahaan merawat dengan baik termasuk pekarangannya.
       
         2.Barang Inventaris (Kendaraan, Alat Berat, Mesin, Alat-alat Kantor dsb)
             - Pencatatan yang lengkap seluruh bangunan perusahaan termasuk jumlah dan kondisinya.
             -Menjaga barang inventaris.
             -Tidak meminjamkan barang inventaris kecuali ada hubungannya dengan pekerjaan.
             -Melaporkan bila terjadi kerusakan dan kehilangan barang inventaris .

        3.Kegiatan Sosial    
            Mendorong diadakannya kegiatan social seperti :
            -Olah Raga
            -Kesenian dan Rekreasi
-Ibadah

Contoh Tabel Administrasi Umum
NO
NAMA BARANG
JUMLAH
KONDISI
KET
BAIK
SEDANG
RUSAK














                     
            






 IV. ADMINISTRASI

        1.Pengertian
            - Semua kegiatan pencatatan terhadap rencana pelaksanaan pekerjaan baik menyangkut               
              tenaga kerja ,biaya. Material dan peralatan.
            - Hasil pencatatan berupa data  panen,  rawat, bibitan, LC, (Tenaga kerja – hasil – tidak  -
               pemakaian   alat /material –pemakaian biaya).
       2. Jenis- jenis  Administrasi
            -Administrasi pekerjaan(Buku Mandor , BKA/ BRK ,LPPH,permohonan PK,BA Hasil Kerja)          
            - Administrasi  barang / material (slip permintaan barang ,surat penerimaan                
              barang,  stock card).
            - Administrasi lain – lain ( karton blok,peta kerja ,catatan produksi dn lain – lain )
       3. Kaitan satu sama lain
            - LPPH  di buat berdasarkan buku mandor  dan buku pemakaian material
            - sebagai dasar penyusunan  laporan mingguan.
            - Menyusun  dan mencerminkan pelaksanaan BKA
        4. Administrasi Pekerjaan
       - Buku Mandor
       - Buku kerja Asisten
       - Laporan rencana kerja
             - Laporan Perincian Produksi  Harian
             - Permohonan PK
             - Berita Acara

5. Administrasi Barang
          - Slip Permintaan Barang
           - Surat Pengiriman barang
- Stock card (catatan arus barang )
        6.  Administrasi Lain – lain
- Kartu Blak
-Peta kerja
- Catatan Produksi  / Rawah
- Cacatan di anggap perlu     
 
V. HUBUNGAN MASYARAKAT

    Membina Hubungan baik dengan masyarakat perlu dalam batasa-batas tertentu. Tujuannya  
    adalah agar masyarakat memahami dan member pandangan  positif tentang keberadaan Kebun  
    yang akan dibuka.

    Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan : 
       -Mengenal dan membina hubungan baik dengan Pejabat dan Masyarakat Desa sekitar.                       
       -Bersifat dan berperilaku positif ketika berada dilingkungan  masyarakat desa sekitar.
       -Memegang perinsip dan tetap berpihak kepada Misi Perusahaan.

VI. MASALAH UMUM

       1. Masalah Yang Timbul
- Kebakaran Areal tanaman
- Gangguan masyarakat sekitar .
- Pertengkaran sesame karyawan
- Acaman karyawan kepada mandor dan Asisten Afdeling
- Kecelakaan yang menimpah karyawan
- Keluhan – keluhan karyawan
- Tekanan dari pemerintahan ( desa ) sekitar
- Pencurian

      2.Mengatasi Masalah

           Harus di identifikasi permasalahan yang timbul dan dicarikan solusi untuk mengantisipasi dan 
           pengendaliannya.
          
          Cara Mengatasi Masalah :
          a.Kebakaran Areal Tanaman
             Kebakaran bias terjadi di areal sendiri akibat api dari rokok maupun karena api dari areal
             kebakaran disekitar kebun.          
             Langkah-langkah mengatasinya :
             -Cek kebenarannya mengenai lokasi dan tingkat kegawatannya.                
             -Tidak menunggu sampai api besar dan meluas.
             -Bila berbahaya kerahkan semua karyawan dan hentikan pekerjaan lain bila perlu untuk
               memadamkan api 
          -Buat isolasi pada areal yang tidak terbakar.
          -Melapor kepada Pimpinan dan minta bantuan.
          -Jaga Areal bekas kebakaran untuk memastikan api telah mati.

      b.Gangguan Masyarakat Sekitar
          Gangguan masyarakat sekitar bias berupa perusakan tanaman, pencurian dan gangguan
           Keamanan lainnya lainnya.
           Langkah-langkah mengatasinya :
          -Cek kebenarannya mengenai lokasi dan tingkat kerusakannya.
          -Melaporkan kepada Pimpinan.    

      c.Pertenkaran Sesama Karyawan
         Pertengkaran bias terjadi baik karena masalah keluarga maupun masalah pekerjaan.
         Langkah-langkah mengatasinya :
         -Segera memanggil karyawan bersangkuta ke kantor.
         -Minta kejelasan masalah masing-masing
         -Meminta karyawan tsb untuk menyelesaikan masalah saat itu juga.
         -Meminta karyawan untuk berjanji tidak memperpanjang permusuhan.
         -Memberi nasehat-nasehat seperlunya.

     d.Ancaman Karyawan Kepada Asisten dan Mandor
         Ancaman bias timbul karena emosi, kesalajh pahaman, merasa dirugikan  baik dalam kaitannya
         dengan pekerjaan  maupun masalah lain.
         Langkah-langkah mengatasinya :         
         -Tidak melayani pada saat karyawan emosi
         -Memanggil karyawan bersangkuta ke kantor dan mendengarkan apa masalahnya.
         -Memberi penjelasan terhadap masalah yang dihadapinya dan berjanji membantu
           menyelesaikannya
         -Melapor kepada Pimpinan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

     e.Kecelakaan Yang Menimpa Karyawan
         Kecelakaan bias menimpa karyawan baik pada waktu bekerja maupun di luar jam kerja.
         Kecelakaan yang dimaksud disini adalah kecelakaan yang memerlukan perawata dokter (darurat)
         Langkah-langkah mengatasinya :    
-Segera membawa karyawan yang bersangkuta ke Klinik untuk mendapat pertolongan pertama.
        -Bila karyawan tsb harus mendapatykan perawatan dokter hrs dikirim ke puskesma/RS terdekat.
        -Bila dibutuhkan kendaraan harus dibantu oleh bagian Transportir.
        -Buat laporan kecelakaan kerja ke Pimpinan/Depnaker atau ke Jamsostek.

    







VIII. PENUTUP
          A. KESIMPULAN
         1. Karyawan dan Tenaga Kerja dapat bekerja dengan baik serta mendapatkan hasil yang   
             Maksimal bilamana  dikelolah dengan baik berdasarkan aturan dan perlakuan yang baik.
       
        2. Untuk keakuratan data serta pelaporan hasil kegiatan operasional harus ditunjang oleh     
             kegiatan administrasi yang tertata dan terlaksana dengan baik.
       
        3. Pemberdayaan Karyawan dan Tenaga Kerja yang berdaya guna dan berhasil guna.
        
        B. SARAN-SARAN
       1. Perlu adanya Peraturan Perusahaan yang harus dipatuhi dan Job Description mengenai tugas
           dan tanggung jawab Karyawan atau Tenaga Kerja.

       2. Pengadministrasian harus terkontrol dengan baik.

       3. Menjalin hubungan baik dengan masyarakat dalam batas tertentu.


Ditulis oleh Unknown, Sabtu, 07 Juli 2012 - Rating: 5
Judul : PROGRAM PENGELOLAAN TENAGAKERJA
Deskripsi : PROGRAM PENGELOLAAN  TENAGAKERJA       I. INTRODUCTION Untuk pelaksanaan operasional kebun di perlukan adanya karyawan atau tenaga ke...

Bagikan ke

Facebook Google+ Twitter

2 komentar untuk "PROGRAM PENGELOLAAN TENAGAKERJA"

  1. 柯云23 Desember 2015 19.10

    2015-12-24keyun
    chanel handbags
    uggs outlet
    uggs for chea
    ugg boots
    nfl jerseys
    kids lebron shoes
    michael kors handbags
    canada goose jackets
    oakley sunglasses wholesale
    ugg australia outlet
    coach factory outlet
    louis vuitton handbags
    ray-ban sunglasses
    pandora charms
    oakley sunglasses
    coach outlet
    christian louboutin shoes
    the north face jackets
    nike air max uk
    louis vuitton outlet
    coach outlet store online
    oakley outlet
    north face
    louis vuitton purses
    jordan 11s
    michael kors outlet clearance
    north face jackets
    ray ban outlet
    air max 95
    mulberry uk
    canada goose outlet
    hollister
    coach outlet store online
    fit flops
    cheap uggs<
    coach factory outlet online
    michael kors outlet
    uggs outlet
    marc jacobs outlet
    ralph lauren outlet

    BalasHapus
  2. 柯云24 Juni 2016 02.26

    2016-06-25keyun
    cheap jordan shoes
    louis vuitton bags
    nike free 5.0
    coach outlet online
    cheap oakley sunglasses
    ray ban sunglasses uk
    louis vuitton outlet
    ray ban outlet
    true religion jeans
    rolex watches
    louis vuitton handbags
    coach outlet online
    michael kors outlet
    true religion jeans
    insanity workout
    timberland boots
    jordan retro 4
    coach outlet online
    celine outlet
    louis vuitton outlet stores
    louis vuitton purses
    ghd hair straighteners
    michael kors outlet
    louis vuitton handbags
    kate spade handbags
    toms wedges
    ray ban sunglasses
    polo ralph lauren
    coach factory outlet
    hollister clothing
    michael kors outlet online
    coach outlet clearance
    gucci belts
    basketball shoes
    cheap jordans
    nike roshe shoes
    asics shoes for women
    true religion outlet
    mont blanc pen

    BalasHapus
Tambahkan komentar
Muat yang lain...

Posting Lebih Baru
Posting Lama
Beranda
Langganan: Posting Komentar (Atom)

HARGA HANDPHONE

Memuat...

Prediksi Bola

Memuat...

Friend link

Blog terlengkap Ahmad Farid's Blog Sumber Segala Informasi Ravy Octhavy YN Panduan Belajar Bis My Xncofies Mangapow | Baca Manga Online KokoFlom Yulio Adi Candra™ INFORMASI TERBAIK putupunyablog Share4rt Berbagi Tutorial Blogz Andi Mobile Blog Galedeg Baca Informasi HutanMaya Master007 adrizal's Profile on Ping.sg  OBAT WASIR DAN AMBEIEN MANJUR DI OBATWASIR.BIZ No Doong
Page Rank

Pengikut

LIRIK LAGU

Memuat...

SINOPSIS

Memuat...

FOTO

Memuat...
Copyright © 2012 ANDI ADRIZAL RM - All Rights Reserved
Design by ANDI ADRIZAL RM - Powered by Blogger